Apa itu Bisnis Model Canvas?
Menurut wikipedia.org Business Model Canvas (BMC) ialah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. Model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.
Business Model Canvas adalah alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana bentuk usaha yang sedang atau akan dijalani. Atau dengan kata lain business model canvas adalah bentuk gambaran yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan sebuah bisnis secara menyeluruh.
Elemen yang terdapat pada Bisnis Model Canvas?
Bisnis Model Canvas adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa Visual Chart yang terdiri dari 9 elemen. Kesembilan elemen tersebut adalah :
- Customer Segment
- Value Proposition
- Channel
- Customer Relationship
- Revenue Stream
- Key Activities
- Keyresource
- Key Partners
- Cost Structures
Berikut adalah penjelasan dari 9 elemen Bisnis Model Canvas :
- Customer Segment, menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.
- Value Proposition, menentukan keunggulan produk yang dapat mendatangkan manfaat bagi customer dan membedakan dengan bisnis lainnya.
- Channel, menentukan channel yang tepat untuk menyampaikan value kepada customer.
- Customer Relationship, perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggan agar tidak berpaling ke bisnis yang lain.
- Revenue Stream, pengelolaan pendapatan, bahan baku, kinerja yang dimanfaatkan secara maksimal.
- Key Activities, aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk.
- Keyresource, berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk menwujudkan value proposition.
- Key Partners, pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat.
- Cost Structures, mengelola biaya secara efisien untuk bisnis yang hemat dan meminimalkan resiko kerugian.
![Hasil gambar untuk bisnis model canvas animation](https://fiverr-res.cloudinary.com/images/t_main1,q_auto,f_auto/gigs/4537996/original/893fe5effc568ccf669dc76fe0a01fbd963219c1/write-thesis-and-research-paper.png)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar